PELATIHAN USAHA PRODUKSI PISANG COKELAT OLEH MAHASISWA/I UNIVERISTAS MUHAMMADIYAH JAMBI PADA KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN
Main Article Content
Abstract
Bisnis Usaha di bidang kuliner, khususnya produk pisang cokelat, menjadi salah satu bisnis rumahan yang potensial karena tingginya minat pasar, terutama dari kalangan generasi Z. Potensi bisnis ini cukup besar karena hanya memerlukan modal yang relatif kecil, bahan baku yang mudah diperoleh, serta memiliki nilai jual yang tinggi. Meski demikian, terdapat beberapa tantangan dalam menjalankannya, seperti keterbatasan dalam pengelolaan keuangan, kurangnya strategi pemasaran, minimnya inovasi produk, serta belum adanya standar produksi. Kegiatan ini dilaksanakan di rumah salah satu mahasiswa di Jambi, dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan usaha melalui pelatihan pembukuan sederhana, teknik pemasaran, serta pengembangan inovasi produk. Metode pelaksanaan mencakup ceramah, diskusi, praktik langsung, dan pendampingan selama satu bulan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mahasiswa dalam hal keuangan, pemasaran, dan inovasi produk, yang berdampak pada perkembangan usaha. Secara keseluruhan, kegiatan ini berhasil mencapai tujuan dan memberikan kontribusi positif terhadap keberlanjutan bisnis pisang cokelat.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Asandimitra, N., Wardoyo, D. T. W., Iriani, S. S., & ... (2025). … KEWIRAUSAHAAN DAN PENGEMASAN PRODUK UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING KELOMPOK UMKM KELURAHAN SAWUNGGALING SURABAYA. Jurnal Abdi …. https://abdiinsani.unram.ac.id/index.php/jurnal/article/view/2193
Cua, G. M., & Soelaiman, L. (2025). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Resiliensi UMKM Telukgong Jakarta Utara. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan. https://journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/33011
FADILAH, N. N. (2025). PENGARUH PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, SELF EFFICACY TERHADAP KEBERHASILAN USAHA DENGAN MOTIVASI USAHA SEBAGAI VARIABEL …. repository.unj.ac.id. http://repository.unj.ac.id/56534/
Jatlan, N. R., Hidayah, R. N. N., Adilah, A. A., & ... (2025). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Lokasi Terhadap Keuntungan Kompetitif (Studi Kasus UMKM Makanan dan Minuman). Revenue: Lentera …. https://jurnal.lenteranusa.id/index.php/lbm/article/view/756
Nurlaeli, F., Khasanah, S. N., Bahtiar, M. A., & ... (2025). PROGRAM PENGEMBANGAN UMKM MELALUI SOSIALISASI KEWIRAUSAHAAN DAN PEMBUATAN LABEL KEMASAN PRODUK MAKANAN DI DESA KUNDISARI …. Gotong-Royong …. https://www.journal.das-institute.com/index.php/gotong-royong/article/view/738
Rahardja, U., Natalia, E. A., Aini, Q., Goh, T. S., & ... (2025). … driven creativepreneurship as an innovative economic solution for msmes: Kewirausahaan kreatif berbasis kalkulus sebagai solusi ekonomi inovatif untuk umkm. ADI Pengabdian …. https://adi-journal.org/index.php/adimas/article/view/1213
Rahayu, S., Syafe’i, D., Dahlia, D., & ... (2025). INOVASI PRODUK SEBAGAI MEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA UMKM. Jesya (Jurnal …. https://stiealwashliyahsibolga.ac.id/jurnal/index.php/jesya/article/view/2184
Ratnaduhita, N., Hermawan, H., & Wibowo, Y. G. (2025). PERAN MINAT, KREATIVITAS, DAN KONEKSI TERHADAP KEBERHASILAN PELAKU UMKM MAKANAN DI DESA SUMBEREJO. Integrative Perspectives of …. https://ipssj.com/index.php/ojs/article/view/677
Utami, N. M. S., Rahayu, N. M. S., Sudiana, I. W., & ... (2025). Peluang dan Tantangan Kewirausahaan UMKM di Kabupaten Tabanan: Studi Kasus Stan UMKM dan Pasar Malam pada Tanah Lot Art and Food Festival 2024. … Kewirausahaan Dan …. https://siberpublisher.org/index.php/JKMT/article/view/393
Yashinta, R. M. (2025). Strategi Pengembangan UMKM Melalui Pelatihan Wirausaha Kuliner Makanan. Benefit: Journal of Bussiness, Economics, and …. https://publikasi.abidan.org/index.php/benefit/article/view/1172
(Asandimitra et al., 2025; Cua & Soelaiman, 2025; FADILAH, 2025; Jatlan et al., 2025; Nurlaeli et al., 2025; Rahardja et al., 2025; Rahayu et al., 2025;
Ratnaduhita et al., 2025; Utami et al., 2025; Yashinta, 2025)