PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING UMKM DESA SUKAMAJU, KECAMATAN GERAGAI, TANJUNG JABUNG TIMUR

Main Article Content

Endah Tri Kurniasih
Dr.Arniwita,Sy, S.Pd.,M.M Arniwita
Novi Pramasari Arniwita
Dr. Faradilla Herlin, S.E.,M.E
Riko Kurniawan

Abstract

Pendampingan digital marketing merupakan salah satu cara untuk memperkuat daya saing UMKM di era digital. Kegiatan ini dilaksanakan di Desa Sukamaju, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Sasaran kegiatan adalah pelaku UMKM yang memiliki produk lokal tetapi masih terbatas dalam strategi pemasarannya. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, pelatihan, praktik langsung, dan pendampingan. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta tentang strategi pemasaran digital, kemampuan mengelola media sosial, serta motivasi untuk mengembangkan usaha melalui platform online. Program ini memberi dampak positif bagi kapasitas manajemen pemasaran UMKM, memperluas akses pasar, dan memperkuat daya saing produk lokal.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kurniasih, E. T., Arniwita, D. S., Arniwita, N. P., Dr. Faradilla Herlin, S.E.,M.E, & Kurniawan, R. (2025). PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN DAYA SAING UMKM DESA SUKAMAJU, KECAMATAN GERAGAI, TANJUNG JABUNG TIMUR. Jurnal Abdimas UM Jambi, 2(2), 63–69. https://doi.org/10.53978/jaum.v2i2.624
Section
Economy

References

Amelia, F., Gusmania, Y., & Ismarti. (2022). Strategi Digital Marketing dalam Mengembangkan UMKM. Jakarta: Media Aksara.

Endah, S., & Berli, P. K. (2019). Pemanfaatan Digital Marketing untuk Pengembangan UMKM Lokal. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Kreatif, 2(1), 276–283.

Farida, Elok. (2024). Tren Digital Marketing: Menggabungkan Inovasi dan Kreativitas untuk UMKM. Semarang: Putra Lereng Sumbing.

Irmayanti, H. S., & Megavitry, R. (2020). Pemanfaatan Teknologi Digital untuk Peningkatan Kapasitas UMKM. Pengabdi: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 43–50.

Neneng Kurniah, dkk. (2024). Manajemen Pemasaran Digital untuk UMKM Desa. Bandung: CV Kreatif Mandiri.

Saptutyningsih, E., & Wardani, D. T. K. (2020). Digitalisasi UMKM dalam Meningkatkan Daya Saing di Era Industri 4.0. Jurnal Warta LPM, 21(2), 56–63.

Wibowo, A., & Prasetyo, R. (2021). Strategi Branding UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Inovasi Bisnis, 5(1), 45–54.

Yuliana, D. (2023). Transformasi UMKM melalui Pendampingan Digital Marketing di Era Ekonomi Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Mandiri.

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.