Analisis Penerapan Teknologi Digital dalam Pemasaran Produk UMKM di Desa Gedongan
Main Article Content
Abstract
Teknologi digital dalam pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dibentuk agar bisa menjangkau konsumen yang lebih luas dan mengurangi biaya promosi jika dibandingkan dengan metode pemasaran secara tradisional. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan teknologi digital dalam pemasaran produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Desa Gedongan. Metode: Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif melalui wawancara dan pengamatan langsung terhadap pelaku UMKM. Hasil Utama: Meskipun penerapan pemasaran digital memberikan manfaat yang signifikan, namun pelaku UMKM juga menghadapi berbagai tantangan, seperti koneksi yang buruk, hingga kendala dalam kepemilikan akses teknologi, yaitu kurangnya pelaku UMKM yang menggunakan alat telekomunikasi. Kesimpulan: Walaupun teknologi digital menawarkan berbagai keuntungan bagi UMKM dalam pemasaran, hambatan-hambatan tersebut perlu diatasi guna memaksimalkan potensi pemasaran digital di Desa tersebut.