PENINGKATAN PEMASARAN UMKM DI DESA KOTA KARANG KABUPATEN MUARO JAMBI PROPINSI JAMBI
Main Article Content
Abstract
Sektor usaha yang paling berdampak dan banyak mengalami perubahan adalah sektor usaha dengan skala usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Dimana perubahan tekhnologi dalam hal penggunaan internet dalam sebuah unit usaha menjadi sangat penting. Untuk itu
usaha mikro kecil dan menengah harus bisa beradaptasi dengan adanya perubahan teknologi yang sangat pesat di dalam hal penggunaan internet untuk operasional usaha dalam hal memasarkan produk – produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM. Elemen yang tak kalah penting nya yang harus di miliki oleh pelaku UMKM adalah legalitas usaha seperti Nomor Induk Berusaha, sertifikasi halal, P.IRT, dan BPOM.
Berdasarkan evaluasi pelaksanaan kegiatan, dapat diidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat dari kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik, antara lain yaitu dukungan penuh dari Kepala Desa Kota Karang Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi, Peserta KKN Posko 1 Desa Kota Karang UM Jambi yang membantu kelancaran kegiatan pengabdian, serta antusiasme masyarakat Desa Kota Karang Kecamatan Kumpeh Ulu Kabupaten Muaro Jambi, peserta sosialisasi pengabdian masyarakat. Sedangkan faktor penghambat yaitu keterbatasan sarana dan prasarana dalam memberikan sosialisasi pada waktu pelaksanaan yaitu belum adanya praktek pengemasan produk-produk yang bisa meningkatkan penjualan..
Kata Kunci : UMKM, Perizinan, Permodalan
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Aditya, R., & Rusdianto, R.Y. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (JPPMI)
Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. BOOK, Pearson UK.
Dahl, S. (2018) Social Media Marketing. SAGE Publications
Farid Fitriyadi, Alif Yuiniantoro, Andrea Kurniawan, Anisah Pratiwi, Aureli Ewintria Kasno, Fiscal Larasati, Syifa Febiana, Sosialisasi Upaya Meningkatkan UMKM Di Desa Gagaksipat, E-Proceeding 2nd Senriabdi 2022 Pada Seminar Nasional Hasil Riset An Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Sahid Surakarta, Vol. 2 Edisi Desember 2022.
Hardilawati, W.L. (2020). Strategi Bdertahan UMKM di GTengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika.
Istiatin, Fithri Setya Marwati, SOSIALISASI BERBAGAI PELUANG USAHA UMKM DAN EKONOMI KREATIF DI ERA NEW NORMAL DI DUSUN PINGGIR DESA TELUKAN SUKOHARJO, Jurnal Budimas Vol. 03, No. 01, 2021 129 Bidang Ilmu Manajemen, Universitas Islam Batik Surakarta
Moh. Muklis Sulaeman, SOSIALISASI KEWIRAUSAHAAN DALAM UPAYA PENINGKATAN UMKM DESA PALANGAN KECAMATAN KARANGBINANGUN KABUPATEN LAMONGAN, Abdimas Berdaya: Jurnal PengabdianMasyarakat Vol. 2 No. 1 (2019) P-ISSN: 2685-1563 16, Jurusan Manajemen, Fakutas Ekonomi, Universitas Islam Lamongan.
Novitasari, A.T. (2024). KOntribusi UMKM Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Era Digitalisasi Melalui Peran Pemerintah. Jurnal of Applied Business and Economics (JABE).
Rogers, E. M. (2003). Diffusion of innovations (5th ed.). New York, NY: Free Press
Rozinah, S., & Meiriki, A. (2020). Pemanfatan Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Tangerang Selatan.
Salsabila Fatine, Pemberdayaan Masyarakat Dibidang Ekonomi Melalui UMKM Ladu Arai Pinang Di Lubuk Buaya Kota Padang, Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi P-ISSN: 2828-6839 | E-ISSN: 2828-6677 Vol. 1, No. 2 August 2022 DOI : 10.34312/ljpmt.v1i2.15346 78, Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang.
Schwarzl, Susanne &Grabowska, Monika. (2015). Digital marketing strategies: The future is here. Journal of International Studies. 8. 187-196. 10.14254/2071-8330.2015/8-2/16
Wyatt, A., Sanchez, S., & Barker, W. (2019). Towards the Exploration of Rational Unified Process. Systems and Software Engineering Publication, 10(1). JOUR.