Modul Pengabdian Kepada Masyarakat Sosialisasi Pembuatan Logo Kemasan Pada Produk UMKM di Desa Luwang

Authors

  • Ardian Ardiansyah Ardiansyah
  • Hendra Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.53978/jaum.v1i2.443

Keywords:

UMKM, Logo, Kemasan, Pemasaran

Abstract

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Luwang tentang pentingnya logo dan kemasan dalam membangun identitas produk. Produk lokal seperti Karak Rasa Bawang sebenarnya memiliki potensi yang besar, namun belum memiliki ciri khas yang jelas. Alasan pemilihan topik ini adalah untuk lebih memahami pentingnya identitas produk dalam meningkatkan pemasaran dan penjualan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Desa Luwang memiliki produk unggulan seperti Karak Rasa Bawang Non Borak yang meskipun sudah dikenal secara lokal, namun masih belum memiliki identitas yang kuat untuk bersaing di pasar yang lebih luas. Metode pelatihan yang dilakukan meliputi observasi awal (Survey), identifikasi kebutuhan, pelatihan (Training), kreasi (Creating), evaluasi (Evaluation). Hasilnya, terjadi peningkatan pemahaman pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang signifikan terhadap pentingnya identitas produk mulai dari logo, nama produk, hingga kemasan yang pada akhirnya membantu meningkatkan penjualan produknya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

28-10-2024

How to Cite

Ardiansyah, A. A., & Kurniawan, H. (2024). Modul Pengabdian Kepada Masyarakat Sosialisasi Pembuatan Logo Kemasan Pada Produk UMKM di Desa Luwang. Jurnal Abdimas UM Jambi, 1(2), 102–112. https://doi.org/10.53978/jaum.v1i2.443