STUDI EMPIRIS DAMPAK MERGER TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN

Main Article Content

Arniwita Sy Arniwita
Iqra Wiarta
Endah Tri Kurniasih
Faradilla Herlin
Rian Dani

Abstract

Perkembangan Financial Teknologi sangat dirasakan dampaknya ditengah industry keuangan. Transformasi menuju digitalisasi keuangan menjadikan bank dengan modal dan asset yang kecil tidak mampu bersaing dengan lainnya. Fokus dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dampak merger bank terhadap kinerja keuangan perusahaan setelah dilakukan merger pada PT. Bank Danamon Tbk. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan perusahaan yaitu data rasio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas.


               Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah dilakukan merger perusahaan, kinerja keuangan perusahaan dilihat dari rasio likuiditas, solvabilitas dan profitabilitas lebih baik jika dibandingan sebelum adanya merger. Pembuktian tersebut dilihat dari perkembangan rasio – rasio keuangan tersebut selama 2 tahun setelah merger. 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Arniwita A, Wiarta I, Kurniasih E, Herlin F, Dani R. STUDI EMPIRIS DAMPAK MERGER TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN. JD [Internet]. 31Dec.2022 [cited 18Oct.2024];10(2):40-8. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/JD/article/view/227
Section
Articles

References

Ghozali, Imam. 2013. “Aplikasi Multivariate Dengan Program Spss”. Edisi Ketujuh. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gitman, Lawrence J Dan Chad J. Zutter. 2012. Principles Of Managerial Finance. 13th Edition. Global Edition: Person Education Limited.
Kasmir. 2016, Analisis Laporan Keuangan, cetakan 9, Jakarta. PT Rajagarfindo
Tandelilin, E. (2017). Pasar modal manajemen portofolio & investasi. Yogyakarta: PT Kanisius.
Sugyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan (R&D). Bandung: Alfabeta
Sugyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Eidos.
Suryani, A. I., & Wiarta, I. (2022). Volatilitas Indeks IDXMESBUMN Sebelum Dan Setelah Invansi Militer Rusia ke Ukraina. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 7(2), 1316-1318.
Wiarta, I., Daniyanti, D., & Etriya, E. (2016). Pengaruh BOPO Dan NPF Terhadap Profitabilitas Bank Syariah Di Indoneisa. Journal Development, 4(2), 27-39.
Wiarta, I. (2020). Pengaruh rasio kecukupan modal, likuiditas dan operasioal terhadap kinerja keuangan Bank Syariah di Indonesia (Studi Empiris Pada BRI Syariah). Journal Development, 8(1), 90-95.
Wiarta, I., Daniyanti, D., & Etriya, E. (2020). Anomali return pada pasar modal Indonesia (Studi pada bank BUMN di Bursa Efek Indonesia). Journal Development, 8(2), 152-157.
Wiarta, I., Harly, A. Y., Kurniasih, E. T., & Herlin, F. (2021). Analisis Rasio Profitabilitas dan Kaitannya Terhadap Pertumbuhan Laba Bank Sebelum dan Selama Pandemi Covid 19 (Studi kasus Pada PT. Bank Rakyat Indonesia). Jurnal Produktivitas: Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Pontianak, 8(2).
Wiarta, I., Handayani, R., Syafaat, A., & Harly, A. Y. (2021). Identifikasi Sumber Pendapatan Asli Daerah pada Pajak Daerah Kota Jambi. J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 6(2), 497-499.
Wiarta, I., Suryani, A. I., & Firmansyah, D. (2022). Menakar Potensi Kebangkrutan Industri Farmasi Di Indonesia Sebelum Dan Pada Saat Pandemi Covid 19. Journal Development, 10(1), 1-9.