PENGARUH RASIO KECUKUPAN MODAL, LIKUIDITAS DAN OPERASIOAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA BRI SYARIAH)

Main Article Content

Iqra Wiarta

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji dan mengetahui seberapa besar pengaruh rasio kecukupan modal yaitu Capital adequacy Ratio (CAR) dan rasio beban operasional yaitu  Biaya Operasional terhadap beban operasioanl (BOPO) dan rasio likuiditas yaitu Financiang to Deposit Ratio (FDR) terhadap kinerja laba yaitu rasio Return on Asset (ROA) Bank Syariah di Indonesia studi kasus pada Bank Rakyat Indonesia Syariah (BRIS) periode 2010 sampai dengan 2019.  Data yang digunakan pada penelitian ini bersumber pada laporan keuangan tahunan Bank Rakyat Indonesia Syariah periode 2010 sampai dengan 2019. Metode penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alatnya yaitu spss 23.


Hasil penelitian menunjukan bahwa semua variabel independent yaitu CAR, BOPO dan FDR berpengaruh secara bersama-sama terhadap ROA. Sedangkan untuk pengaruh masing – masing variabel hanya variabel FDR yang berpengaruh positif terhadap ROA sedangkan CAR dan BOPO berpengaruh negatif terhadap ROA.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Wiarta I. PENGARUH RASIO KECUKUPAN MODAL, LIKUIDITAS DAN OPERASIOAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK SYARIAH DI INDONESIA (STUDI EMPIRIS PADA BRI SYARIAH). JD [Internet]. 1Nov.2020 [cited 18Oct.2024];8(1):90-5. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/JD/article/view/151
Section
Articles