Analisis Struktur Ekonomi dan Ketimpangan Antar Sektor di Kabupaten Tebo Periode 2001-2010

Main Article Content

Ahmad Soleh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Struktur dan pola Pertumbuhan Sektor Ekonomi di Kabupaten Tebo selama Periode 2001-2010 (2) Sektor mana yang menjadi Sektor Unggulan di Kabupaten Tebo (3) Tingkat Ketimpangan antar Sektor di Kabupaten Tebo.


Hasil Penelitian menunjukkkan bahwa Struktur Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Tebo dalam Pembentukan PDRB selama Tahun 2001-2010 masih didominasi oleh sektor Primer (Pertanian,Pertambangan), dimana rata-rata kontribusi sektor Primer sebesar 54,87 persen, sedangkan untuk Pola Pertumbuhan sektor Ekonomi berdasarkan analisis Tipologi Klassen terlihat bahwa sektor Ekonomi tidak ada yang berada pada kuadran II yaitu sektor maju dan tumbuh cepat tetapi berada pada kuadran I, III dan kuadran IV hal ini disebabkan karena Kabupaten Tebo merupakan Kabupaten pemekaran dimana sektor-sektor perekonomian masih memungkinkan untuk di kembangkan, dan kekayaan berupa sumber daya alam belum maksimal dimanfaatkan.


Sedangkan berdasarkan analisa menggunakan Indek Balance Growth nilai keseimbangan antar sektor ekonomi di Kabupaten Tebo yaitu sebesar 1,54, hal ini meggambarkan bahwa pertumbuhan ekonomi antar sektor tidak seimbang atau terjadi ketimpangan antar sektor di Kabupaten Tebo.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Soleh A. Analisis Struktur Ekonomi dan Ketimpangan Antar Sektor di Kabupaten Tebo Periode 2001-2010. JD [Internet]. 16Dec.2013 [cited 19Sep.2024];1(2):30-6. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/10
Section
Articles
Author Biography

Ahmad Soleh, Dosen Tetap STIE Muhammadiyah Jambi

Dosen Tetap STIE Muhammadiyah Jambi