ANALISIS SEKTOR USAHA INFORMAL DI KOTA JAMBI

Main Article Content

Ahmad Soleh
Prima Audia Daniel

Abstract

Dalam perekonomian sektor informal seringkali terlupakan namun mempunyai peran yang cukup besar dalam pembangunan. Dampak positif dari keberadaan sektor informal adalah terbukanya peluang usaha dan bekerja bagi masyarakat yang tidak tertampung dalam kegiatan ekonomi formal, dampak lainnya adalah aktivitas ekonomi menjadi meningkat karena sektor informal juga menjadi penjual sekaligus mengkonsumsi hasil-hasil produksi sektor  formal. Ada dua tujuan utama dalam penelitian ini yaitu menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengembangan usaha sektor informal.


Hasil penelitian menunjukkan ada beberapa faktor yang mempengaruhi  pengembangan usaha sektor informal diantaranya modal, jam kerja efektif dan jumlah pelanggan Modal (X­1) yang dimiliki usaha sektor informal akan memberikan pengaruh terhadap kenaikan omzet penjualan sektor informal sebesar 0,965 persen. Jam kerja ((X2) mendorong peningkatan omzet usaha sektor informal sebesar 0,241, jumlah pelanggan (X4) berpengaruh sebesar 0,124. Baik secara bersama-sama maupun secara parsial modal, jam kerja efektif dan jumlah pelanggan berpengaruh secara signifikan terhadap omzet usaha di Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Soleh A, Daniel P. ANALISIS SEKTOR USAHA INFORMAL DI KOTA JAMBI. JD [Internet]. 28May2019 [cited 18Oct.2024];7(1):1-. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/JD/article/view/125
Section
Articles