Analisis Sektor Unggulan dan Hubungannya dengan Ketenagakerjaan dan Kemiskinan di Provinsi Jambi

Main Article Content

Irmanelly Irmanelly
Ahmad Soleh

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan terbesar dalam pembangunan ekonomi, rendahnya kemiskinan merupakan cerminan keberhasilan dalam pembangunan yang ada. Penelitian ini berjudul analisis sektor unggulan dan hubungannya dengan ketenagakerjaan dan kemiskinan  di Provinsi Jambi, ini bertujuan. untuk mengidentifikasi dan menganalisis sektor unggulan di Provinsi Jambi. Selanjutnya penelitian ini juga dimaksudkan untuk mengetahui hubungan antara sektor unggulan dengan ketenagakerjaan dan kemiskinan.


Alat analisis yang digunakan adalah Location Quotient (SLQ & DLQ); Shift Share (Esteban-Marquillas) dan Indeks Spesialisasi. Sedangkan untuk mengetahui hubungan sektor unggulan dengan ketenagakerjaan dan kemiskinan digunakan alat uji Korelasi Pearson. Data yang dipakai dalam penelitian adalah data sekunder dalam rentang tahun 2002 s.d 2010 dari berbagai sumber.


Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis SLQ, DLQ dan Shif Share adalah Sector yang yang merupakan sektor unggulan di Provinsi Jambi adalah sektor pertanian dan sektor pertambangan & penggalian. Kedua sektor tersebut selalu konsisten memenuhi kriteria di setiap alat analisis yang digunakan.


Selanjutnya hubungan antara sektor unggulan dengan ketenagakerjaan memiliki korelasi signifikan dan searah, sedangkan hubungan antara sektor unggulan dengan kemiskinan memiliki korelasi signifikan dan berlawanan arah. Dengan demikian diharapkan pengembangan sektor unggulan di Provinsi Jambi mempunyai hubungan positif dengan ketenagakerjaan yaitu meningkatkan jumlah tenaga kerja dan mempunyai hubungan negatif dengan kemiskinan yaitu mengurangi persentase penduduk miskin.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Irmanelly I, Soleh A. Analisis Sektor Unggulan dan Hubungannya dengan Ketenagakerjaan dan Kemiskinan di Provinsi Jambi. JD [Internet]. 22Jul.2013 [cited 18Oct.2024];1(1):15-3. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/JD/article/view/2
Section
Articles
Author Biographies

Irmanelly Irmanelly, Dosen Tetap STIE Muhammadiyah Jambi

Dosen Tetap STIE Muhammadiyah Jambi

Ahmad Soleh, Dosen Tetap STIE Muhammadiyah Jambi

Dosen Tetap STIE Muhammadiyah Jambi