ANALISIS KINERJA APARATUR DAN PELAYANAN PUBLIK SEBAGAI DASAR MENUJU REFORMASI BIROKRASI YANG IDEAL (Study Kasus Pemerintah Kota Jambi)
Main Article Content
Abstract
Didasarkan pada kondisi birokrasi saat ini yang masih belum efisien dan efektif dengan berbagai macam permasalahan maka, sangat perlu dilakukan perubahan yang mendasar baik dalam efisiensi dan efektifitas pelayanannya.
Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menganalisis mengenai kinerja aparatur dan pelayan publik pemerintah di Kota Jambi, sebagai indikator kelayakan kinerja aparatur dan pelayanan publik untuk bahan acuan pertimbangan pengambilan keputusan dalam revormasi birokrasi di Kota Jambi. Penelitian ini lakukan pada seluruh instansi pada SKPD di pemerintah Kota Jambi yang dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang dikumpulkan dari seluruh instansi yang ada di Pemeritah Kota Jambi, dan literatur-literatur serta jurnal jurnal yang diperlukan. Model analisis yang digunakan adalah model indek kinerja yang diadopsi dari perhitungan yang digunakan Bappenas bekerja sama dengan UNDP, yang selanjutnya diteruskan dengan analisis SWOT dengan menganalisa faktor internal dan eksternal dalam menyusun strategi melalui Strength-Opportunities (SO), Weakness- Opportunities (WO), Strengths-Threats (ST) dan Weaknesses-Threats (WT).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Pelayanan aparatur pada pemerintah Jambi sangat baik dan Kinerja Pelayanan publik pada pemerintah Jambi juga sangat baik.