PEMBANGUNAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM UNTUK CODING CLUB DI SMP AL AZHAR SYIFA BUDI PARAHYANGAN
Main Article Content
Abstract
Penguasaan keterampilan digital di era teknologi adalah kebutuhan mendasar dalam pendidikan. Namun, keterbatasan sarana dan prasarana menjadi tantangan dalam implementasi Kurikulum Merdeka, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022. Proposal ini bertujuan mengatasi tantangan tersebut melalui pengenalan Learning Management System (LMS) sebagai solusi praktis untuk mendukung pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Informatika.
Program ini mencakup sosialisasi dan pelatihan penggunaan LMS bagi siswa dan tenaga kependidikan, yang dirancang untuk meningkatkan aksesibilitas materi, tugas, dan penilaian. Aplikasi LMS diharapkan dapat mendorong partisipasi siswa, memperkuat kemandirian belajar, serta mendukung pelaksanaan pembelajaran yang lebih terstruktur. Dengan pendekatan ini, diharapkan efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan meskipun ada keterbatasan sumber daya. Dampak jangka panjang dari program ini adalah peningkatan kualitas pendidikan di bidang Informatika, mendukung literasi digital siswa, dan keberlanjutan penggunaan teknologi di sekolah sasar.
Abstrak Maksimal 200 kata berbahasa Indonesia dengan Times New Roman 12 point. Abstrak harus jelas, deskriptif dan harus memberikan gambaran singkat masalah pengabdian masyarakat yang dilakukan/ diteliti. Abstrak meliputi alasan pemilihan topik atau pentingnya topik pengabdian masyarakat, metode pengabdian dan ringkasan hasil. Abstrak harus diakhiri dengan komentar tentang pentingnya hasil atau kesimpulan singkat.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Yulianto, T. &. (2022). Pengembangan Literasi Digital Melalui Pendidikan Informatika di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Indonesia.
Kementerian Pendidikan, K. R. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbudristek.
Setiawan, A. &. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka: Peluang dan Tantangan dalam Pendidikan Digital. Yogyakarta: Andi Offset.
Purwanto, N. (2020). Pembelajaran Berbasis Teknologi: Integrasi LMS dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Wijaya, H. &. (2020). Efektivitas Penggunaan Learning Management System (LMS) dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(2), 143-158.
Pimonova, S. (2020). Agile Methodology in Education of IT Students, Application of. In Encyclopedia of Education and Information Technologies (pp. 27-36). Springer International Publishing.
Beck, K. e. (2001). Manifesto for Agile Software Development. Agile Alliance.
Al-Azawei, A. P. (2016). Barriers and Opportunities of E-Learning Implementation in Iraq: A Case of Public Universities. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 17(5), 126-146.
Cavus, N. (2015). Distance Learning and Learning Management Systems. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 872-877.
Sun, P. C. (2008). What drives a successful e-Learning? An empirical investigation of the critical factors influencing learner satisfaction. Computers & Education, 50(4), 1183-1202.
Team, M. D. (2020). Moodle as an Open-Source Learning Management System. Moodle.org.