Modul Pengabdian Kepada Masyarakat Sosialisasi Pembuatan Logo Kemasan Pada Produk UMKM di Desa Luwang
DOI:
https://doi.org/10.53978/jaum.v1i2.443Keywords:
UMKM, Logo, Kemasan, PemasaranAbstract
Abstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Luwang tentang pentingnya logo dan kemasan dalam membangun identitas produk. Produk lokal seperti Karak Rasa Bawang sebenarnya memiliki potensi yang besar, namun belum memiliki ciri khas yang jelas. Alasan pemilihan topik ini adalah untuk lebih memahami pentingnya identitas produk dalam meningkatkan pemasaran dan penjualan produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Desa Luwang memiliki produk unggulan seperti Karak Rasa Bawang Non Borak yang meskipun sudah dikenal secara lokal, namun masih belum memiliki identitas yang kuat untuk bersaing di pasar yang lebih luas. Metode pelatihan yang dilakukan meliputi observasi awal (Survey), identifikasi kebutuhan, pelatihan (Training), kreasi (Creating), evaluasi (Evaluation). Hasilnya, terjadi peningkatan pemahaman pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang signifikan terhadap pentingnya identitas produk mulai dari logo, nama produk, hingga kemasan yang pada akhirnya membantu meningkatkan penjualan produknya.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ardian Ardiansyah Ardiansyah, Hendra Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
