ANALISIS PENGARUH PRODUKSI KARET DAN SAWIT TERHADAP PDRB SEKTOR PERTANIAN, KEHUTANAN DAN PERIKANAN DI PROVINSI JAMBI TAHUN 2014-2018

  • Yolanda Sari
  • Ade Irma Suryani
  • Islahudin Islahudin

Abstract

Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan merupakan sektor basis pada PDRB di Provinsi Jambi dengan subsektor perkebunan pada komoditi karet dan sawit yang merupakan komoditi dengan angka produksi tertinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan produksi karet dan sawit serta bagaimana pengaruh produksi karet dan sawit terhadap PDRB sektor pertanian, kehutanan dan perikanan di Provinsi Jambi baik secara parsial maupun secara simultan.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data produksi karet, produksi sawit dan data PDRB pada sektor pertanian, kehutanan dan perikanan di Provinsi Jambi pada tahun 2014-2018. Metode pengolahan data menggunakan rumus perkembangan dan analisis regresi linier berganda.

Hasil analisis untuk perkembangan, produksi karet mengalami peningkatan setiap tahunnya kecuali tahun 2018, sedangkan produksi sawit mengalami perkembangan yang berfluktuasi. Hasil analisis untuk persamaan regresi linier berganda adalah sebagai berikut : Y = -297140225,439 + 964,454 X1 + 22,902 X2 dengan X1 Produksi Karet, X2 Produksi Sawit, dan Y adalah PDRB Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan. Kemudian dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa X1 dan X2 berpengaruh signifikan terhadap Y. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) Produksi Karet dan Sawit rata-rata mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun. 2) Produksi Karet dan Produksi Sawit secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap PDRB sektor pertanian, kehutanan dan perikanan di Provinsi Jambi.

Kata kunci : Sektor pertanian, kehutanan dan perikanan, Produksi karet, Produksi sawit, PDRB.