PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CAFE KOPI JANJI JIWA DI KOTA JAMBI Studi Pada Pelanggan Cafe Kopi Janji Jiwa Cabang Sipin

Main Article Content

Hario Tamtomo
Agesha Marsyaf
Deka Veronica

Abstract

Tujuan dari penelitian Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Cafe Kopi Janji Jiwa Di Kota Jambi (Studi Pada Pelanggan Cafe Kopi Janji Jiwa Cabang Sipin) ini pertama untuk mengetahui dan menganalisis terkait Bukti Fisik (Tangible), Keandalan (Reliability), Daya Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Kopi Janji Jiwa Sipin Kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisis data primer dengan menggunakan model analisis pertama terdiri dari analisis deskriptif kuantitatif. Model analisis kedua menggunakan model persamaan regresi berganda. Adapun hasil analisis adalah pertama hasil kualitas pelayanan pada Cafe Kopi Janji Jiwa Sipin ditinjau dari dimensi wujud (Tangible), keandalan (Reliability), Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), empati (Empathy) memiliki pengaruh positif dan signifikan. Kedua, variabel Wujud (Tangible), Keandalan (Reliability), Tanggap (Responsiveness), Jaminan (Assurance), Empati (Empathy) berkorelasi terhadap kepuasan pelanggan yaitu sebesar 72,0%, dan mempengaruhi tingkat kepuasan pelanggan pada cafe kopi janji jiwa sipin sebesar 51,8 %. Hal tersebut termasuk dalam kategori baik/ sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Tamtomo H, Marsyaf A, Veronica D. PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CAFE KOPI JANJI JIWA DI KOTA JAMBI. JD [Internet]. 29Jun.2023 [cited 20Sep.2024];11(1):19-8. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/271
Section
Articles

References

Angelia, Gita (2008). Penataan Atmosphere Cafe Halaman Cabang Tamansari, Bandung Dalam Rangka Meningkatkan Kepuasan Konsumen. Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha.
Astuti, Wiji Sicily Sri (2014). Pengaruh Atmosfer Toko Dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Centro Departement Store Di The Plaza Semanggi: Tesis
Apriyani, D.A., & Sunarti,S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Pada Konsumen the Little a Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis, 51(2), 1-7.
Ferdinand (2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Augusty Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Kusumasastri, I,. Andarwati, A., & Hadiwidjojo, D. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop. Ekonomi Bisnis, 22(2), 123-129.
Kristiana, M. (2017). Pengaruh Store Atmosphere dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan konsumen Cafe Heerlijk Gelato Perpustakaan Bank Indonesia Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 1(1).
Kotler, Philip. (2000). Marketing Management, The Millenium Edition, International Edition. New Jersey: Prentice Hall International Inc.,
Kotler, Philiph. (2002). Manajemen Pemasaran, Edisi Milenium. Jakarta: PT. Prenhallindo.
Kotler, Philiph & Kevin Lane Keller. 2009 (terj. Bob Sabran). Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid II. Jakarta: Glora aksara Pratama.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13. Jakarta:Erlangga.
Laila, dkk (2012 : 50) Melakukan penelitian tentang “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Jasa Servis Bengkel AHAS 0002 Semarang Honda Center.
Lupiyoadi, Rambat (2001). Manajemen Pemasaran: Analisis Jasa. Edisi Pertama. Jakarta: Selemba Empat.
Mulato, Sri, dan Suharyanto, Edy. (2012). Kopi, Seduham dan Kesehatan. Jember: Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia.
Ndubisi, N.O. (2007, March). Relatioship Marketing And Customer Royalty. Marketing Intellligence & Planning, Vol 25, No.1,pp.98-106.
Sugiono, (2012). Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.
Tjiptono, Fandy. (2007). Strategi Pemasaran Edisi Kedua. Cetakan Pertama. Yogyakarta : Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2011). Pemasaran Jasa. Jawa Timur: Bayumedia Publishing.
Zeithaml, Bitner Dan Gramler (2019) Lima dimensi untuk mengukur kepuasan pelanggan.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>