ANALISIS PENGARUH UMP, INFLASI, IPM, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP PENGANGGURAN DI PROVINSI JAMBI

Main Article Content

Hasan Basri
Indria Mayesti
Nurdin Nurdin

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh UMP, Inflasi, IPM, dan pertumbuhan ekonomi terhadap pengangguran di Provinsi Jambi dengan menggunakan model menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan data sekunder.


       Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel UMP, Inflasi, IPM, dan pertumbuhan ekonomi berpengaruh signifikan terhadap pengangguran di Provinsi Jambi selama periode 2000-2015. Sedangkan hasil estimasi secara parsial diketahui bahwa UMP, inflasi dan IPM berpengaruh signifikan terhadap pengangguran sementara pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap pengangguran di Provinsi Jambi selama periode 2000-2015.


Kata Kunci: UMP, Inflasi, IPM, PE dan Pengangguran

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Basri H, Mayesti I, Nurdin N. ANALISIS PENGARUH UMP, INFLASI, IPM, DAN PERTUMBUHAN EKONOMI TERHADAP PENGANGGURAN DI PROVINSI JAMBI. JD [Internet]. 28May2019 [cited 19Sep.2024];7(1):8-4. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/126
Section
Articles