Analisis Permintaan Kain Batik Jambi Di Kota Jambi

Main Article Content

Indria Mayesti

Abstract

Industri kecil dalam perekonomian di Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan. Karena industri kecil merupakan kegiatan yang mendominasi lebih 95 persen struktur perekonomian Indonesia. Industri kecil ini memiliki peran yang sangat strategis, baik secara sosial ekonomi maupun sosial politik.


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menganalisis  permintaan industri kecil kain batik Jambi di Kota Jambi, alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan persamaan simultan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa di lihat dari sisi permintaan (Qd) tingkat harga kain  tenun (Px) berpengaruh negatif signifikan pada  α= 10% sedangkan  tingkat pendapatan konsumen (Tpk) dan harga barang subtitusi (Hbs) berpengaruh positif dan signifikan pada α= 5%. Sedangkan nilai R²-nya  sebesar 17,6%  artinya  Variabel  permintaan kain kain batik jambi dapat dijelaskan oleh variabel harga kain, tingkat pendapatan konsumen dan harga barang subtitusi sebesar 17,6% sedangkan sisanya 82,4% diterangkan oleh faktor yang lain.


Dengan melihat hasil dari pengolahan analisa regresi berganda, maka yang harus dilakukan oleh produsen dalam menentukan harga kain batik jambi adalah memperhatikan besarnya permintaan yang ada sehingga harga yang ditentukan dapat terjangkau  oleh semua.  Selain  harga  juga  harus  memperhatikan  tingkat  pendapatan konsumen atau masyarakat karena semakin tinggi pendapatan maka daya beli masyarakat juga  ikut  naik,  jadi  perusahaan  dalam  menentukan  harga  harus  mempertimbangkan tingkat pendapatan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Mayesti I. Analisis Permintaan Kain Batik Jambi Di Kota Jambi. JD [Internet]. 22Jul.2013 [cited 19Sep.2024];1(1):1-4. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/1
Section
Articles
Author Biography

Indria Mayesti, Dosen Tetap STIE Muhammadiyah Jambi

Dosen Tetap STIE Muhammadiyah Jambi