PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDIDIKAN DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI JAMBI

Main Article Content

Yolanda Sari
Antony Falianto

Abstract

Permasalahan strategis di pemerintahan Provinsi Jambi tidak jauh berbeda dengan di pemerintahan pusat (problem nasional), yakni masih tingginya angka kemiskinan di Provinsi Jambi. Oleh karena itu, kemiskinan menjadi tanggung jawab bersama, terutama pemerintah sebagai penyangga proses perbaikan kehidupan masyarakat dalam sebuah pemerintahan, untuk segera mencari jalan keluar dengan merumuskan  langkah-langkah yang sistematis dan strategis sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi, pendidikan dan pengangguran terhadap kemiskinan di Provinsi Jambi baik secara parsial maupun secara simultan.


Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data pertumbuhan ekonomi, pendidikan, pengangguran dan kemiskinan di Provinsi Jambi pada tahun 2004-2019. Metode pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda.


Hasil analisis untuk persamaan regresi linier berganda adalah sebagai berikut:        LogY = 7,800 -  0,219LogX1 – 0,406LogX2 + 0,036LogX3 + e dengan X1 Pendidikan, X2 Pertumbuhan Ekonomi, X3  Pengangguran dan Y adalah Kemiskinan di Provinsi Jambi. Kemudian dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa X1, X2 dan X3 berpengaruh signifikan terhadap Y. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: 1) variabel pertumbuhan ekonomi (X1) dan pendidikan (X2) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kemiskinan (Y). Dan variabel pengagguran (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemiskinan (Y) di Provinsi Jambi Tahun 2004-2019. 2) Secara simultan diperoleh bahwa Pertumbuhan Ekonomi (X1), Pendidikan (X2) Dan Pengangguran (X3) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kemiskinan (Y) di Provinsi Jambi periode 2004-2019.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Sari, Y., & Falianto, A. (2020). PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDIDIKAN DAN PENGANGGURAN TERHADAP KEMISKINAN DI PROVINSI JAMBI. Journal Development, 8(2), 103-113. Retrieved from http://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/154
Section
Articles