ANALISIS PAJAK REKLAME DALAM UPAYA MENINGKATKAN PAD DI KABUPATEN SAROLANGUN

  • Ahmad Soleh STIE Muhammadiyah Jambi

Abstract

Penelitian yang berjudul“ Analisis Pajak Reklame Dalam Upaya Meningkatkan PAD di Kabupaten Sarolangun” ingin menganalisis mengenai : (1) Potensi penerimaan pajak reklame dan; (2) mengidentifikasi permasalahan-permasalahan tentang penerimaan pajak reklame di Kabupaten Sarolangun

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan data sekunder. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa secara rata-rata : capaian realisasi penerimaan pajak reklame terhadap target penerimaan pajak reklame selama tahun 2010-2014 sebesar 118,3 persen; elastisitas potensi penerimaan pajak reklame sebesar 8,78 persen; tingkat efektifitas penerimaan pajak reklame di Kabupaten Sarolangun adalah sangat efektif; kontribusi realisasi penerimaan pajak reklame terhadap pendapatan asli daerah sebesar 0,887 persen; kontribusi pajak reklame terhadap pajak daerah di Kabupaten Sarolangun sebesar 3,98 persen; laju pertumbuhan target dan pajak reklame di Kabupaten Sarolangun masing masing sebesar 34,77 persen dan 68,60 persen. Sehingga dapat disimpulkan bahwa potensi penerimaan pajak reklame di Kabupaten Sarolangun masih dapat ditingkatkan kembali.

Kata kunci: Potensi, efektivitas, kontribusi, elastisitas

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-05
How to Cite
SolehA. (2020). ANALISIS PAJAK REKLAME DALAM UPAYA MENINGKATKAN PAD DI KABUPATEN SAROLANGUN. Jurnal Development, 8(1), 40-55. Retrieved from http://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/152