PERBANDINGAN KINERJA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL

Main Article Content

Rika Neldawaty

Abstract

Bank konvensional kini telah banyak mendirikan atau membuka cabang yang bersifat syariah. Sebagai contoh, Bank Mandiri kini membuka Bank Syariah Mandiri sebagai bank yang menjalankan usahanya dengan berlandaskan pada prinsip syariah. Penelitian dengan judul analisis perbandingan kinerja perbankan syariah dengan perbankan konvensional bertujuan (1) mengetahui dan menganalisis perbedaan yang signifikan antara  kinerja bank konvensional dengan bank syariah.; (2) untuk mengetahui dan menganalisis kinerja perbankan mana yang lebih baik antara perbankan syariah dan konvensional berdasarkan indikator yang ditentukan.


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan data sekunder. Dari hasil penelitian terdapat perbedaan yang signifikan antara perbankan konvensional dengan perbankan syariah seperti tidak adanya bunga di perbankan syariah mengingat bunga diharamkan dalam syariat islam sebagai hal yang riba.


Selanjutnya dari segi resiko dalam kredit konvensional nasabah tetap harus membayar full pinjaman dan bunga seperti yang telah disepakatin sebelumnya. Baik saat usahanya untung maupun rugi sedangkan kredit syariah jika akad yang digunakan adalah capital sharing, maka saat nasabah mengalami kerugian dalam usahanya, pihak bank akan ikut menanggung kerugian sesuai jumlah modal awal yang telah di sepakati.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Neldawaty R. PERBANDINGAN KINERJA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL. JD [Internet]. 28Jun.2018 [cited 16Sep.2024];6(1):61-9. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/92
Section
Articles