Pengaruh Pembangunan Manusia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Jambi

Main Article Content

Irmanelly Irmanelly

Abstract

Salah satu indikator yang umum digunakan untuk mengukur Pembangunan Manusia di suatu wilayah atau Negara adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM), atau dikenal dengan sebutan Human Development Index (HDI) dari UNDP. Indeks Pembangunan Manusia adalah salah satu indeks komposisi yang didasarkan pada tiga indikator, yakni (a) kesehatan, (b) pendidikan yang dicapai, (c) standar kehidupan.


Tiga unsur ini sangat penting dalam menentukan tingkat kemampuan suatu daerah untuk meningkatkan indeks Pembangunan Manusianya. Ketiga unsur tersebut tidak berdiri sendiri, melainkan saling mempengaruhi satu dengan yang lainya, selain itu juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti ketersediaan kesempatan kerja, yang pada giliranya ditentukan oleh banyak faktor terutama pertumbuhan ekonomi, infrastruktur dan kebijakan pemerintah. Jadi, Indeks Pembangunan Manusia di suatu daerah akan meningkatkan apabila ketiga unsur tersebut dapat ditingkatkan. Kualitas sumber daya manusia ditentukan oleh berbagai faktor terutama pendidikan, kesehatan dan juga nilai-nilai budaya seperti etos kerja dan disiplin. Masalah pendidikan dan kesehatan menurut beberapa studi menunjukkan keterkaitan antara pembagunan manusia dan pertumbuhan ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Irmanelly I. Pengaruh Pembangunan Manusia Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Jambi. JD [Internet]. 16Dec.2013 [cited 19Sep.2024];1(2):8-6. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/7
Section
Articles
Author Biography

Irmanelly Irmanelly, Dosen Tetap STIE Muhammadiyah Jambi

Dosen Tetap STIE Muhammadiyah Jambi