Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Petani Karet Terhadap Pendapatan Petani Karet Di Kabupaten Muaro Jambi (Studi Kasus di Kecamatan Jambi Luar Kota)

Main Article Content

Rika Neldawaty

Abstract

Di Kabupaten Muaro Jambi luas perkebunan komoditas karet sampai tahun 2009 mencapai 58.034 Ha atau sebesar 21,90 persen dari luas areal perkebunan karet di Provinsi Jambi, Hal ini menunjukkan besarnya potensi komoditas lurret untuk dikembangkan guna menopang perekonomian rakyat di Kabupaten Muaro Jambi. Dari sisi penyerapan tenaga kerja, maka usaha tani perkebunan karet ini mampu menyerap 14.911 rumah tangga petani karet. Namun kondisi sosial ekonominya masih sangat memprihatinkan. Hal ini tidak terlepas dari tingkat pendidikan yang rendah, sanitasi lingkungan yang kurang sehat, sarana dan prasarana sosial yang kurang memadai dan masih tertinggal. Dari sisi ekonomi pendapatan petani merupakan variabel yang berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Variabel ini ditunjang oleh kondisi sosial masyarakat guna meningkatkan produktivitas petani yang ada di Kabupaten Muaro Jambi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Neldawaty R. Pengaruh Kondisi Sosial Ekonomi Petani Karet Terhadap Pendapatan Petani Karet Di Kabupaten Muaro Jambi. JD [Internet]. 22Sep.2015 [cited 19Sep.2024];3(2):48-1. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/61
Section
Articles
Author Biography

Rika Neldawaty, STIE Muhammadiyah Jambi

Dosen Tetap STIE Muhamadiyah Jambi