PENGARUH CURRENT RATIO DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETRUN ON EQUITY PADA INDUSTRI PAKAN TERNAK DI BEI PERIODE 2016 SAMPAI DENGAN 2020 (STUDI KASUS PADA PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA TBK)

Main Article Content

Arniwita Arniwita
Irmanelly Irmanelly

Abstract

Laporan kinerja keuangan perusahaan merupakan suatu informasi yang dapat digunakan dalam melihat seluruh kegiatan yang dilakukan oleh manajemen dalam mencapai tujuan bisnisnya pada suatu periode tertentu. Melalui penilaian terhadap rasio keuangan akan dapat dijadikan tolok ukur dalam menilai kinerja keuangan perusahan tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis kinerja current ratio (likuiditas), Debt to equity (solvabilitas) dan pengaruhnya terhadap Retrun on Equity (Profitabilitas) pada PT. Charoen Pokphand Indonesia Tbk periode 2016 sampai dengan 2020.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis kuantitatif dengan sumber data didapatkan berasal dari laporan tahunan perusahaan yang dipublikasikan pada laman perusahaan tersebut periode 2016 sampai dengan 2020.


Hasil Penelitian menunjukan bahwa nilai current ratio (CR), Debt to Equity ratio (DER) dan Retrun on Equity (ROE) selama periode 2016 sampai dengan 2020 cenderun stabil setiap tahunnya dan memiliki peningkatanan dari tahun ke tahun. berdasarkan hasil analisis diketahui juga bahwa rasio CR, DER berpengaruh signifikan terhadap ROE dengan tingkat signifikannya yaitu 0,5.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Arniwita A, Irmanelly I. PENGARUH CURRENT RATIO DAN DEBT TO EQUITY RATIO TERHADAP RETRUN ON EQUITY PADA INDUSTRI PAKAN TERNAK DI BEI PERIODE 2016 SAMPAI DENGAN 2020 (STUDI KASUS PADA PT. CHAROEN POKPHAND INDONESIA TBK). JD [Internet]. 21Jun.2022 [cited 19Sep.2024];10(1):34-0. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/188
Section
Articles