ANALISIS RANCANGAN OPERASIONAL DALAM MEMAKSIMALKAN KINERJA PRODUKSI DAN DISTRIBUSI PADA PT BATANG HARI TEMBESI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rancangan operasional dalam memaksimalkan kinerja produksi dan distribusi pada PT Batanghari Tembesi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode ini dipilih untuk memberikan pemahaman yang luas tentang praktik rancangan operasional perusahaan dan bagaimana hal itu berdampak pada efisiensi. Hasil menunjukkan bahwa PT Batanghari Tembesi telah menerapkan berbagai strategi inovatif penting untuk meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi. Pertama, perusahaan menggunakan teknologi Internet of Things (IoT), penting untuk mempertimbangkan sejumlah komponen proses produksi. Kedua, perusahaan menggunakan pendekatan pengelolaan rantai pasokan yang terintegrasi untuk semua aspek rantai pasokan, dari pengadaan bahan baku hingga proses pengolahan di pabrik hingga pengiriman ke pelanggan. Ketiga, PT Batanghari Tembesi menggunakan strategi multi-channel untuk menjangkau berbagai segmen pasar dengan menggunakan lebih dari satu jalur distribusi. Dapat disimpulkan bahwa rancangan operasional yang efektif memperkuat daya saing PT Batanghari Tembesi di pasar global.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[1] F. W. Nalle, “Analisis Sektor Unggulan Dan Strategi Pengembangan Dalam Mewujudkan Pembangunan Ekonomi Inklusif Di Kabupaten Timor Tengah Utara,” AGRIFOR, vol. 21, no. 2, pp. 241–256, 2022.
[2] S. I. Wahjono, “Manajemen dan peran manajer,” 2022, Bahan Ajar Manajemen. Penerbit: ResearchGate. https://www. researchgate. net ….
[3] W. Wahjono, “Peran manajemen operasional dalam menunjang keberlangsungan kegiatan perusahaan,” J. Ilm. Infokam, vol. 17, no. 2, pp. 114–120, 2021.
[4] I. N. Sari et al., Metode penelitian kualitatif. Unisma Press, 2022.
[5] M. Ramdhan, Metode penelitian. Cipta Media Nusantara, 2021.
[6] M. B. Miles., A. M. Huberman, and J. Saldana, Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks: CA: SAGE Publications, 2014.
[7] R. Salwa and M. I. P. Nasution, “Inovasi Bisnis Organisasi Melalui Pemanfaatan Sistem Dan Teknologi Informasi,” CEMERLANG J. Manaj. dan Ekon. Bisnis, vol. 4, no. 1, pp. 21–31, 2024.
[8] M. M. Siringo-ringo, “Peran Sektor Teknologi dalam Mendorong Inovasi dan Pertumbuhan Ekonomi di Tahun 2023,” Circ. Arch., vol. 1, no. 2, 2023.
[9] E. S. Adilfi and N. Nurhasanah, “Implementasi Inovasi Teknologi Pengembangan Produk Berbasis Internet Of Things untuk Ruang dan Rak Pengering Biji Bunga Matahari,” in Prosiding Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SEHATI ABDIMAS), 2024, pp. 105–116.
[10] H. F. Ardana, “Analisis Saluran Distribusi Produk Pintu Baja Motif Kayu Fortress Pada PT. Jaya Bersama Saputra Perkasa,” Pros. FRIMA (Festival Ris. Ilm. Manaj. dan Akuntansi), vol. 1, no. 7, pp. 474–478, 2024.
[11] M. R. Ramdani, Y. Nurendah, and S. Sulistiono, “Implementasi Saluran Distribusi Pada PT Surya Donasin,” J. Apl. Bisnis Kesatuan, vol. 4, no. 1, pp. 193–204, 2024.
[12] H. Hendrayati, F. F. Rahman, E. Surachman, M. Achyarsyah, and R. A. Rubini, “Global Strategies and Local Adaptation Business Model: A Study of Gojek, Didi, and Zomato,” in Seminar Nasional Manajemen, 2024, pp. 90–101.