ANALISIS PERAN KEBIJAKAN PIMPINAN PERGURUAN TINGGI BERDASARKAN TEORI MANAJEMEN SESUAI STANDAR NASIONAL
Main Article Content
Abstract
Kebijakan pimpinan di perguruan tinggi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap mutu kelembagaan, efektivitas pengelolaan, dan pencapaian standar nasional. Dalam konteks pendidikan tinggi di Indonesia, keterpaduan antara kebijakan pimpinan, teori manajemen, dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) menjadi faktor krusial yang menentukan arah dan kualitas institusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur untuk mengkaji bagaimana kebijakan pimpinan dapat dirumuskan secara strategis, sistematis, dan berbasis regulasi. Literatur yang dianalisis mencakup teori manajemen pendidikan, dokumen regulatif pemerintah, serta temuan penelitian sebelumnya yang relevan. Temuan menunjukkan bahwa pimpinan yang memiliki kompetensi manajerial dan pemahaman mendalam terhadap SN-Dikti cenderung mampu merumuskan kebijakan yang berdampak positif pada sistem penjaminan mutu internal, kepuasan mahasiswa, pencapaian indikator akreditasi, serta kinerja dosen secara keseluruhan. Selain itu, implementasi teori manajemen dalam proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi kebijakan memungkinkan terciptanya tata kelola yang lebih adaptif dan berorientasi pada keberlanjutan. Kebijakan yang dirancang berdasarkan data empiris, prinsip manajerial, dan regulasi nasional terbukti lebih tahan terhadap perubahan eksternal serta mampu meningkatkan daya saing institusi. Kajian ini menegaskan pentingnya integrasi antara pendekatan teoritis dan kerangka regulatif dalam praktik kepemimpinan di perguruan tinggi. Oleh karena itu, penguatan kapasitas kepemimpinan berbasis teori dan regulasi menjadi strategi penting dalam menjawab tantangan pendidikan tinggi di era transformasi digital dan globalisasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi dalam pengambilan kebijakan, pengembangan kapasitas pimpinan, serta peningkatan kualitas tata kelola institusi pendidikan tinggi di Indonesia secara menyeluruh.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
1. Taqiyya H, Ahmad M, Kamaludin. Analisis Peran Kepemimpinan dalam Implementasi Sistem Penjamin Mutu Internal di Pendidikan. ULIL ALBABJurnal Ilm Multidisiplin. 2025;4(2):740–9.
2. Firmansyah, Budiman A, Surip, Rizkiani F. Kebijakan Dan Implementasi Manajemen Pendidikan Tinggi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. J Ilm Mandala Educ. 2022;8(3):2555–63.
3. Diprata AW, Maisah, Fadlilah. Pengaruh Mutu (Kebijakan, Kepemimpinan, Infrastruktur) Terhadap Pembangunan Pendidikan Tinggi Islam. J Ilmu Multidisplin. 2023;2(2):226–32.
4. Sumarjono. Kepemimpinan dan peningkatan mutu institusi pendidikan di universitas negeri yogyakarta. J Manajemen, Akunt dan Ekon. 2023;1(3):62–72.
5. Margolang AI, Silalahi KA, Nst RS, Hanifah F, Munawwarah T, Budi. Pengaruh Kepemimpinan dan Strategi Manajemen Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Disiplin Tenaga Pendidik di Universitas Islam Sumatera Utara. J Pendidik Tambusai [Internet]. 2023;7(1):3769–3776. Available from: https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5821
6. Fachri FN, Aslami N. Strategi Manajemen Perubahan Terhadap Pengembangan Di Perguruan Tinggi Islam. J Ilmu Manajemen, Ekon Dan Kewirausahaan. 2023;3(2):1–20.
7. Sonia NR. Total Quality Management dalam Lembaga Perguruan Tinggi. Southeast Asian J Islam Educ Manag. 2021;2(1):125–39.
8. Ngiu Z. Manajemen Perguruan Tinggi. Ideas Publishing; 2019.
9. Kementerian Pendidikan Riset Kebudayaan dan Teknologi. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi [Internet]. 2023. Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Details/265158/permendikbudriset-no-53-tahun-2023
10. LP3M-USK. Dokumen SN-Dikti dan Pelampauan Standar Mutu USK. In Universitas Syiah Kuala; 2020.
11. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Panduan Pelaksanaan PEPA-PT Akademik. Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi 3.0. 2021.
12. Sujianti NPIP, Sunariyanti IAPSM. Penanggulangan Plagiarisme Di Perguruan Tinggi Dengan Kebijakan Hukum Sistem Deteksi. IJOLARES Indones J Law Res. 2024;2(2):63–76.
13. Ridha M, Zulfatmi. Analisis kebijakan penjaminan mutu perguruan tinggi. J Kaji Pendidik. 2025;7(1):25–38.
14. Zulfirman R. Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. J Penelitian, Pendidik dan Pengajaran JPPP. 2022;3(2):147–53.
15. Asmono, Nasor M, Pujianti E. Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Mts. Al Muhajirin Karang Maritim Kec. Panjang Kota Bandarlampung tahun Ajaran 2021/2022. Unisan J J Manaj Dan Pendidik. 2022;1(1):565–77.
16. Muljawan A. Struktur Organisasi Perguruan Tinggi Yang Sehat Dan Efisien. J Tahdzibi Manaj Pendidik Islam [Internet]. 2019;4(2):67–76. Available from: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/Tahdzibi
17. Irnawati W. Model Manajemen Strategik Pengembangan Kinerja untuk Meningkatkan Produktivitas Dosen pada Perguruan Tinggi Swasta. J Educ Teach. 2023;4(2):233–51.
18. Amrullah S. Efektivitas Evaluasi Diri Program Studi (Studi Kasus Analisis Swot Dan Perencanaan Strategis). J Adm Pendidik. 2021;18(1):89–102.
19. Ramadhani AAF, Kuswinarno M. Pengembangan kompetensi sumber daya manusia: kunci keberhasilan organisasi di tengah persaingan global. J Media Akad (JMA. 2024;2(11).
20. Arafat, Mulyati E, Hartono H, Asmiatiningsih S. Kepemimpinan Adaptif Dan Responsif [Internet]. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup. 2023. Available from: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf
21. Arzeta DD, Saragih W, Putri IP. Implementasi Standar Nasional Pendidikan ( SN Dikti ) Melalui Strategi Manajemen Komunikasi Organisasi Lembaga Pendidikan Sebagai Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan. J Soshum Insentif. 2024;7(2):63–73.
22. Huldiansyah D, Munfarida S, Tanjung RA. Kajian Pengembangan Standar Sistem Penjamiman Mutu Internal ( SPMI ) Sebagai Upaya Peningkatan Budaya Mutu di Institut Teknologi Kalimantan. J Manaj Pendidik Dasar, Menengah dan Tinggi. 2025;6(1):48–60.
23. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan T. Tata kelola penjaminan mutu dan akreditasi pendidikan tinggi berbasis data. 2025.
24. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. Peraturan BAN-PT No. 13 Tahun 2023 tentang Sistem Akreditasi Nasional Pendidikan Tingg. 2023.
25. Rizal S, Pasigai MA, Anggoro MYAR, Ramlah, Wahyuddin. Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (Spmi) Dalam Mewujudkan Good University Governance (GUG). J Penjaminan Mutu. 2023;9(01):100–9.
26. Najwa L, Iqbal M, Aryani M. Manajemen Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di Perguruan Tinggi. J Vision Penelit dan Pengemb dibidang Adm Pendidik. 2023;11(1):72.
27. Sapruddin, Rahelli Y, Fitriyana, Ayunira LM, Maisaroh H, Rahmawati V. Peran penjaminan mutu dalam meningkatkan akreditasi perguruan tinggi. J Manaj Pendidik Al Multazam. 2025;7(1):30–45.
28. Maryuni S, Sulistyarini, Suryani, Harun B, Syarifah. Implementation Strategy of Internal Quality Assurance System (SPMI) at Tanjungpura University Pontianak. Public Policy Adm Res. 2024;14(1):12–22.