MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS DIGITAL: PENGARUH IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN TERHADAP KINERJA AKADEMIK DI PERGURAN TINGGI
Main Article Content
Abstract
Transformasi digital di sektor pendidikan tinggi mendorong perlunya sistem manajemen yang terintegrasi guna mendukung peningkatan mutu layanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Sistem Informasi Manajemen Mutu Terpadu (SIP) dalam mendukung peningkatan kualitas layanan di perguruan tinggi melalui pendekatan digital. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi literatur terhadap sumber-sumber relevan lima tahun terakhir, termasuk jurnal nasional terakreditasi dan publikasi institusi pendidikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa SIP berkontribusi signifikan dalam efisiensi administrasi akademik, transparansi data, peningkatan akuntabilitas, serta pengambilan keputusan berbasis bukti (evidence-based). SIP juga membantu pemetaan kinerja dosen dan mahasiswa, mendukung proses akreditasi, serta memperkuat kapasitas institusi dalam pengelolaan riset dan inovasi. Namun demikian, keberhasilan implementasi SIP sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas teknologi yang digunakan, komitmen pimpinan, kesiapan sumber daya manusia, dukungan kebijakan eksternal, serta ketersediaan infrastruktur. Oleh karena itu, penguatan regulasi, pelatihan SDM, evaluasi berkala, serta investasi berkelanjutan dalam sistem digital menjadi aspek penting untuk memastikan keberlanjutan dan efektivitas SIP. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan model implementasi SIP yang adaptif terhadap konteks lokal masing-masing perguruan tinggi, serta pentingnya kolaborasi antarlembaga dalam mengembangkan praktik terbaik untuk mendukung transformasi digital di sektor pendidikan tinggi. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi strategis bagi para pengambil kebijakan dan praktisi pendidikan dalam merancang kebijakan mutu yang berorientasi pada pemanfaatan teknologi informasi.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
1. Muin A. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Tarqiyah J Pendidik Dan Literasi [Internet]. 2024;2(1):15–24. Available from: https://geanindy.wordpress.com/2018/04/17/peranan-tik-dalam-media-pembelajaran/
2. Gulo E. Inovasi IPTEK dan Mutu Pendidikan Perguruan Tinggi yang Modern, Kompeten, dan Berintegritas. Semin Nas Huk Univ Negeri Semarang. 2021;7(2):523–46.
3. Amanatulloh SA, Yuliarsih T, Ubaidillah F. Strategi Penerapan Sistem Informasi Pendidikan Untuk Mendorong Inovasi Di MA Nudia. Didakt J Ilm PGSD STKIP Subang. 2025;10(4):439–47.
4. Martin R, Widyawan TI, Anwar N, Sutanto I. Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Untuk Efisiensi Penilaian Sekolah. IKRA-ITH Inform J Komput dan Inform. 2025;9(1):134–42.
5. Bakris NS, Nasution MIP. Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Pengambilan Keputusan Berbasis Data di Lembaga Pendidikan Nonformal. J Ilm Penelit Mhs. 2025;3(1):268–78.
6. Sugiarto, Farid A. Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta J Ilmu Pendidik. 2023;6(3):580–97.
7. Saniyah, Arsyad M, Arlan AS. Pengaruh Efektivitas Sistem Informasi Akademik (Siakad) Terhadap Kualitas Pelayanan Akademik di Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amuntai. J Pelayanan Publik. 2025;2(1):122–31.
8. Munir M, Zumrotus Su’ada I. Manajemen Pendidikan Islam di Era Digital: Transformasi dan Tantangan Implementasi Teknologi Pendidikan. J Islam Educ andManagement. 2024;5(1):1–13.
9. Satyadarma MF, Syamsudin. Pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pengguna e–learning di Perguruan Tinggi. Bull Educ Manag Innov. 2023;1(1):37–50.
10. Lila Bismala. COVID-19 & Kampus Merdeka di Era new Normal Ditinjau dari Perspektif Ilmu Pengetahuan. Vol. 4, CHAPTER 4 Keberhasilan E-Learning: Faktor Sistem dan Karakteristik Pengguna. UMSU Press; 2020. 62–77 p.
11. Damayanti S, Elysia YG, Purba OAP, Prawira IFA. Pengaruh Penggunaan Sistem Informasi Akademik Di Lingkungan Pendidikan Tinggi. J MANAJERIAL. 2021;20(1):43–53.
12. Implementasi Sistem Informasi Akademik Untuk Meningkatkan Efisiensi Dan Kualitas Pendidikan. Karimah Tauhid. 2023;2(1):46–50.
13. Putri NKA, Indriyanti AD. Application of the PIECES Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya. J Emerg Inf Syst Bus Intell [Internet]. 2021;2(2):78–84. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/39730%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id
14. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta; 2022.
15. Salsabila AA, Firdaus R. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM). Bridg J Publ Sist Inf dan Telekomun. 2024;2(3):1–7.
16. Arina Y, Febrianti H, Amarta Y, Sabandi A. Urgensi Sistem Informasi Manajemen dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan. Innov Soc Sci Res [Internet]. 2023;3(2):8089–98. Available from: https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AUrgensi
17. Qomaruddin, Sa’diyah H. Kajian Teoritis tentang Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kualitatif: Perspektif Spradley, Miles dan Huberman. J Manag Account Adm. 2024;1(2):77–84.
18. Wibowo A, Manongga D, Purnomo HD. The utilization of naive bayes and C. 45 in predicting the timeliness of students’ graduation. Sci J Informatics. 2020;7(1):99–112.
19. Saputri A, Mulyani E. The Impact of Academic Information System to Students’ Satisfaction in Higher Education. Stud Educ Manag. 2022;12:1–9.
20. Widiandana P, Surya RA, Aulia MI, Sakmar M, Hartinah S. Optimizing Lecture Schedules with the Scheduling Information System ( SIWAL ). J SAKIRA ( Secur Knowledge-Intelligent Res Cybersecurity Multimed. 2024;2(1):31–6.
21. Onlu OB, Abdusselam MS, Yilmaz RM. Students’ Perception of Instructional Feedback Scale: Validity and Reliability Study. Contemp Educ Technol. 2022;14(3):368.
22. Putriyani I, Sugiharto BB, Ramadhan F. Analisis Literatur Tentang Peran Sistem Informasi Akademik dalam Meningkatkan Efisiensi Administrasi di Institusi Perguruan Tinggi. J-CEKI J Cendekia Ilm. 2024;4(1):2283–9.
23. Nur Oktaviana S, Apriliani V, Nova Novita W, Mulyeni S, Herlina. Implementasi Sistem Informasi Akademik Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan Kampus. J Soshum Insentif. 2024;7(1):53–62.
24. Massitoh EI. Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Keterampilan Menyimak. Pros Semin Nas Pendidik [Internet]. 2021;3:330–3. Available from: http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/614
25. Abiyyi MF Al, A.N MIP, R RSP, Wulansari A. Analisis Faktor Keberhasilan Implementasi Sistem Informasi Skpm Upn “Veteran” Jawa Timur Menggunakan Model Delone And Mclean. SUBMIT J Ilm Teknol Inf dan Sains. 2023;3(1):1–7.
26. Widyo W. Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pada Perguruan Tinggi Swasta Di Wilayah Jawa Timur. Dimensi [Internet]. 2021;10(3):665–73. Available from: https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms%0AIMPLEMENTASI
27. Rahmawati S, Putra Juledi A, Sihombing V. Implementasi Sistem Informasi Manajemen dalam Perguruan Tinggi: Studi Kasus tentang Efisiensi Operasional dan Pelayanan Mahasiswa. J Ilmu Komput dan Sist Inf. 2024;7(1):75–7.
28. Ekaputra M, Rianto J, Yulianti A. Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Politeknik Pelayaran Banten. J Emp. 2024;4(1):44–50.
29. Widihartono RP, Ahmadi MA. Pengaruh Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan Di Era Digital. J Ilm Ekon Manaj Bisnis [Internet]. 2025;6(1):23–32. Available from: http://repository.usbypkp.ac.id/3699/
30. Kambau RA. Proses Transformasi Digital pada Perguruan Tinggi di Indonesia. J Rekayasa Sist Inf dan Teknol. 2024;1(3):126–36.
31. Cristiana E. Digitalisasi pendidikan ditinjau dari perspektif hukum. Pros Semin Nas IAHN-TP Palangka Raya [Internet]. 2021;3:58–66. Available from: https://prosiding.iahntp.ac.id
32. Paramita AS, Maryati I, Tjahjono LM. Perancangan Infrastruktur Teknologi Informasi Untuk Aplikasi Penilaian Kolaboratif Pada Perguruan Tinggi. Technomedia J. 2023;8(1):1–10.
33. Loryana D, Haq MS. Haq, M. S. (2022). Implementasi sistem informasi manajemen dalam meningkatkan pelayanan pendidikan sekolah di masa pandemi covid-19. J Inspirasi Manaj Pendidik. 2021;9(5):1221–35.
34. Qur’aini A, Firdaus R. Integrasi Teknologi Bagi Mahasiswa Dalam Sistem Informasi Manajemen. JICN J Intelek dan Cendikiawan Nusant [Internet]. 2024;1(3):4429–36. Available from: https://jicnusantara.com/index.php/jicn
35. Sutarto, Ikasari1 IH. Penerapan Sistem Informasi Manajemen Sebagai Sarana Membangun Mutu Pendidikan. BIIKMA Bul Ilm Ilmu Komput dan Multimed [Internet]. 2023;1(1):242–5. Available from: https://jurnalmahasiswa.com/index.php/biikma
36. Fadilah S, Utari NT. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Dalam Meningkatkan Mutu Pendididkan Di Tk Islam Baitussalam. Promis. 2016;6(1):66–81.
37. Merliana NPE, Putra PBAA. Sistem Informasi Akademik dalam pengelolaan pendidikan di Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya. Satya Sastraharing J Manaj [Internet]. 2021;5(2):47–56. Available from: https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/Satya-Sastraharing
38. Sari RA, Dirayati F, Fawaati TM. Sistem Informasi Akademik dalam pengelolaan pendidikan di Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya. Satya Sastraharing J Manaj. 2024;5(2):26–36.
39. Abdullah M, Zulfikar T, Shadiqin SI. Manajemen Data Akademik Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Studi Literature Review). An-Nadzir J Manaj Pendidik Islam. 2024;2(01):48–59.
40. Wandi, Mardiati L, KhairunNisa A, Sabri A, Lubis Y. Evaluasi dan Akuntabilitas dalam Manajemen Pendidikan : Strategi untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. J Manaj dan Pendidik Agama Islam. 2025;3(1):42–51.
41. Kumala A, Muniroh H, Widodo A. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi, Tingkat Pendidikan Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa (Studi kasus pada kantor desa se-Kecamatan Kaliori Kabupaten Rembang). JEMSI (Jurnal Ekon Manajemen, dan Akuntansi). 2023;9(1):65–72.
42. Purba GR. Mengidentifikasi Kebutuhan Sistem Informasi Akademik Krs (Kartu Rencana Studi) Menggunakan Teknologi Blockchain Pada Universitas Bina Darma Palembang. J Nas Ilmu Komput. 2021;2(4):268–83.
43. Widiyanto, Suharmini S, Wahyuningsih. Sistem Informasi Manajemen Dokumen Akreditasi Program Studi Pendidikan Jarak Jauh. Lembaran Ilmu Kependidikan. 2022;51(1):12–20.
44. Sulaiman, Purwoko AA, Purwaningsih DI. Pengembangan Sistem Informasi untuk Akreditasi Program Studi. Edukasi J Pendidik. 2022;20(2):329–43.
45. Mandasari O, Hidayati D, Damayanti DL. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Akademik Berbasis Teknologi Informasi Di Perguruan Tinggi Vokasi. J Cahaya Mandalika. 2023;4(1):273–81.
46. Ibrohim MM, Hidayati D. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Transformasi Digital. J Ilm Mandala Educ. 2024;10(1):351–5.
47. Kurniadi R, Sulistiyo U, Yaldi D, Ekasari N. Manajemen Penelitian Perguruan Tinggi: Tren Kajian Internasional. Anterior J. 2024;23(1):52–61.