PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA BAGIAN UMUM SEKRETARIAT DAERAH WALIKOTA PEKANBARU

Main Article Content

Teguh Hendra

Abstract

Sumber daya manusia menjadi sorotan maupun tumpuan bagi organisasi dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan dan ditetapkan. Untuk dapat menciptakan sumber daya yang memiliki kualitas kerja yang baik, maka perlu juga diterapkan budaya yang baik dalam suatu organisasi, hal ini agar dapat menyelaraskan antara visi dan misi organisasi yang telah ditetapkan serta dirumuskan dengan ketaatan para pegawai dalam implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja bagian umum sekretariat daerah walikota Pekanbaru. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil uji validitas keseluruhan item pernyataan variabel dinyatakan valid karena diperoleh nilai rhitung > rtabel(0.3388). Hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai Y = 12.909 + 0.872X. Dari hasil uji hipotesis pada hasil uji t diperoleh nilai thitung (4.331) lebih besar dari nilai ttabel (2.03693) dengan tingkat signifikan 0.000 < 0.05 yang artinya bahwa budaya organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Dan dari hasil uji koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0.370 artinya sumbangan atau kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 0.370 atau 37 % sedangkan sisanya 63 % dipengaruhi oleh variabel lain yang diabaikan atau tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Hendra T. PENGARUH BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA BAGIAN UMUM SEKRETARIAT DAERAH WALIKOTA PEKANBARU. JD [Internet]. 28Jun.2018 [cited 19Sep.2024];6(1):70-9. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/66
Section
Articles