Analisis Pengaruh Electroni Word of Mouth and Perceived Risk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee

Main Article Content

Lorine Kalista Noor
Nur Endah Ramayanti
Dewi Sartika

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian eksplanatori dan menggunakan metode pengambilan sampel nonprobabilitas dengan teknik purposive. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana electronic word of mouth (e-WOM) dan risiko yang dirasakan memengaruhi keputusan pembelian di Shopee. Studi ini melibatkan 100 responden, yang semuanya adalah konsumen Shopee; analisis dilakukan menggunakan IBM SPSS 21.0. Temuan menunjukkan bahwa e-WOM memainkan peran dalam memengaruhi keputusan pembelian, berkontribusi sebesar 24.4%, dengan faktor-faktor lain yang mempengaruhi keputusan di luar e-WOM. Demikian pula, risiko yang dirasakan berdampak pada keputusan pembelian, berkontribusi sebesar 26.8%, sementara faktor-faktor lain juga mempengaruhi keputusan. Ketika e-WOM dan risiko yang dirasakan dipertimbangkan secara bersamaan, keduanya berkontribusi sebesar 33.3% terhadap keputusan pembelian, dengan faktor lain menjelaskan sisanya. Uji F menunjukkan bahwa e-WOM dan risiko yang dirasakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Pada dasarnya, e-WOM yang positif dan risiko yang dirasakan yang rendah menyebabkan keputusan pembelian yang lebih tinggi di Shopee. Hasil ini menunjukkan bahwa Shopee harus mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan yang lengkap dan jelas dengan poin insentif. Selain itu, Shopee harus berkonsentrasi pada meningkatkan layanan dan mendidik pelanggan tentang mekanisme transaksi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Noor L, Ramayanti N, Sartika D. Analisis Pengaruh Electroni Word of Mouth and Perceived Risk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee. JD [Internet]. 26Dec.2023 [cited 19Sep.2024];11(2):97-05. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/315
Section
Articles

References

Assael, Henry. (1998). Consumen Behavior and Marketing Action, 6th Edition. New York: South Western College Publishing.
Hadi, Sudharto P. 2007. Perilaku Konsumen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Javerpaa, Sirkka J., Noam Tractinsky, Michael Vitale. (2000). Consumer Trust in an Internet Store. Journal Information and Management, 1, pp. 45-71.
Julianto, Steven. (2012). Pengaruh Perceived Risk Dan Customer Satisfaction Terhadap Purchase Intention Dan Intention To Revisit Pada Gramedia Online Surabaya. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Vol. 1(1), pp. 46-50.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (edisi 12). Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip. 2000. Manajemen Pemasaran (Edisi Millennium). Jakarta: PT Indeks.
Lin, Chinho, Yi-Shuag Wu, Jeng-Chung Victor Chen. (2013). Electronic Word- of Mouth: The Moderating Roles of Product Involvement and Brand Image. International Conference on anology Innovation and Industrial Management, (29-31 May 2013), pp. 1-19.
Ngatno. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Semarang: Universitas Diponegoro.
Schiffman, Leon. G. dan Leslie Lazar Kanuk. (2008). Perilaku Konsumen (ed 7). Jakarta: Indeks.
Thurau, Hennig et al. (2004). Electronic Word-of-Mouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motivates Consumers to Articulate Themselsev on the Internet?. Journal of Interactive Marketing, Volume 18 (Winter), pp. 38- 52.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis..........................2017. Market share situs e-commerce
Bandung: Alfabeta.
di Indonesia. Majalah SWA, XXXIII, 12 – 24 Juli 2017