Determinasi Keputusan Pembelian Online: Peran E-Service Quality, Influencer, dan Marketplace Knowledge

Main Article Content

Mumun Surahman
Maman Sulaeman

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memiliki dampak yang signifikan di berbagai aspek kehidupan. Perkembangan ini telah mengubah pola belanja konsumen dari yang awalnya offline menjadi online. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-service quality, pengaruh influencer, dan pengetahuan tentang pasar daring sebagai faktor penentu dalam keputusan pembelian secara online. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, mengumpulkan respons dari 160 konsumen yang telah berbelanja melalui platform marketplace Shopee. Analisis data dilakukan menggunakan korelasi berganda serta pengujian hipotesis dengan memanfaatkan nilai p. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service quality, pengaruh influencer, dan pengetahuan tentang pasar daring memiliki peran sebagai faktor penentu dalam keputusan pembelian secara online. Penelitian berhasil mengungkap bahwa kualitas layanan elektronik (e-service), pengaruh dari para influencer, dan pemahaman tentang platform pasar daring memainkan peran krusial dalam menentukan bagaimana orang membuat keputusan saat berbelanja secara online. Faktor-faktor ini secara langsung memengaruhi preferensi dan keputusan pembelian konsumen di ranah digital.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Surahman M, Sulaeman M. Determinasi Keputusan Pembelian Online: Peran E-Service Quality, Influencer, dan Marketplace Knowledge. JD [Internet]. 26Dec.2023 [cited 19Sep.2024];11(2):78-9. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/303
Section
Articles

References

1. APJII. (2022). Hasil Survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia (tahun 2022).
2. Asakdiyah, S. (2021). Analysis Of The Effect Of Service Quality On Word Of Mouth Communication Shopping. 2(1), 27–41.
3. Asakdiyah, S., & Ismanto, D. (2022). Membangun e-trust mahasiswa melalui e-service quality dan e-satisfaction mahasiswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 10(1), 28. https://doi.org/10.29210/172600
4. Boediono, M., Christian, S., & Immanuel, D. M. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Sealantwax. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(April), 1–10.
5. Crystrie, D. A., & Sartika, S. H. (2022). Apakah Influencer Marketing berpengaruh pada Pengambilan Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee pada Generazi Z? Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen, 19(1), 1–32.
6. Hariyanti, N. T., & Wirapraja, A. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Moderen (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), 133–146.
7. Inaya Lia Anugrah. (2021). Analisis Faktor Pengaruh Minat Beli Shopee Indonesia Sebagai Penentu Perancangan Customer Journey Mapping Untuk Marketplace. 3(2), 6.
8. Kurniawan, N. M. I., & Adhilla, F. (2020). Analisis Pengaruh Penggunaan Celebrity Endorser Syahrini Terhadap Minat Beli Mie Sedap Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 7(1), 67. https://doi.org/10.12928/fokus.v7i1.1709
9. Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi Strategi Promosi Produk Dalam Proses Keputusan Pembelian Melalui Digital Marketing Saat Pandemi Covid’19. Jurnal Manajemen Dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301
10. Limoputro, K. R., & Waney, G. (2018). Pengaruh Product Knowledge Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Ngohiong Merek M&B. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(6).
11. Mangleburg, T.L., and B. (2014). Socialization and Adolescent’s Skepticism toward Advertising. Journal of Advertising, 7(3), 11–21. https://www.jstor.org/page-scan-delivery/get-page-scan/4189079/0
12. Mega Ria Dewanto, S. A. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Kepuasan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Swalayan Nabila Yogyakarta. Fokus, 5, 1–14.
13. Mulati, E. (2021). PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE, RELIGIOUSITY, DAN ISLAMIC ADVERTISING ETHICS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK HALAL DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus pada Konsumen Wardah di Kota Salatiga). In IAIN Salatiga. https://core.ac.uk/download/pdf/349495386.pdf

Most read articles by the same author(s)