EVALUASI DAN EFEKTIVITAS PROGRAM BAZNAS DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DI ERA COVID-19 STUDI KASUS BAZNAS DI PROVINSI JAMBI

Main Article Content

Yunie Rahayu
Ahmad Soleh
Prima Audia Daniel

Abstract

Ditengah kondisi pademi Covid-19 tanpa terkecuali seluruh sektor dalam perekonomian terdampak. Lebih dari 70 persen pelaku UMKM terancam gulung tikar dan bahkan mati. Melihat kondisi tersebut BAZNAS turut ambil bagian dalam penangan dampak Covid-19 dalam bidang pemberdayaan ekonomi. Namun pelaksanaannya seringkali masih kurang tepat sasaran, baik dalam pemberian bantuan, proses pelaksanaan dan pendampingannya Fokus penelitian ini adalah membahas gambaran program kerja, tingkat efektivitas dan strategi kebijakan yang terpat dalam pemberdayaan UMKM yang dilakukan BAZNAS di Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode desriptif kualitatif dan kuantatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Penentuan sampel untuk data primer dilakukan dengan pendekatan purposive dan snowball sampling. Ruang lingkup penelitian ini dilakukan  pada BAZNAS dan UMKM yang berdomisili di Provinsi  Jambi dengan objek penelitian lembaga BAZNAS dan para pengusaha UMKM yang menjadi objek penyaluran bantuan program pemberdayaan sehingga terpetakan dua permasalahan yang saling terkait satu sama lainnya.


Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah: untuk megetahui gambaran program BAZNAS digunakan pendekatan deskritif, kemudian untuk melihat tingkat efektivitas program BAZNAS dalam pemberdayaan UMKM digunakan model Zakat Core Principles (ZCP) dan untuk  membuat strategi kebijakan dalam pemberdayaan UMKM digunakan model analisis SWOT.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Rahayu Y, Soleh A, Daniel P. EVALUASI DAN EFEKTIVITAS PROGRAM BAZNAS DALAM PEMBERDAYAAN UMKM DI ERA COVID-19. JD [Internet]. 20Dec.2021 [cited 19Sep.2024];9(2):155-68. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/184
Section
Articles