Mayasari, E. (2022). Pengaruh Electronic Payment Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo. PENGARUH ELECTRONIC PAYMENT TERHADAP PENGELUARAN KONSUMSI MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PALOPO.
MUHAJIR, M. A. (2023). PENGARUH PENDAPATAN, MANFAAT, RELIGIUSITAS DAN KONSUMERISME TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN E-PAYMENT PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA (STUDI KASUS 5 KAMPUS DI YOGYAKARTA UMY, UII, UAD, UGM DAN UIN SUNAN KALIJAGA). Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Pramesti, G., Azizah, A., Purnamasari, E., Sulistiyani, E., & Widyanti, D. V. (2023). Pengaruh Penggunaan E-Wallet Shopeepay Dan Promosi Cashback Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Bangun Rekaprima, 9(1), 35. https://doi.org/10.32497/bangunrekaprima.v9i1.4425
Rizqy, M., Zachani, N. S. A., Fajri, S., & Suryandari, M. (2023). Pengaruh Media Teknologi Informasi Modern Terhadap Aktivitas Dakwah di Era Revolusi Industri 4.0. Aladalah: Jurnal Politik, Sosial, Hukum Dan Humaniora, 1(1), 22–42.
Ruhamak, M. D., Toatubun, R. N., Dewandaru, B., Melisa, A. S., & Sitoresmi, F. A. A. (2023). PENGARUH KARTU DEBIT DAN E-MONEY TERHADAP PENGELUARAN KONSUMTIF MAHASISWA. Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 3(2), 227–234.
Saputra, A. Y. (2022). ANALISIS MINAT MAHASISWA BERALIH DARI CASH PAYMENT KE E-PAYMENT. UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu.
Saragih, R. C. R. (2020). ANALISIS PENGARUH PENDAPATAN, JENIS KELAMIN, DAN LAMA PENGGUNAAN TERHADAP FREKUENSI PENGGUNAAN E-MONEY PADA MAHASISWA UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Wawo, A. B., Safaruddin, S., & Qalbi, N. (2023). Pengaruh Penggunaan Dompet Elektronik Sebagai Alat Transaksi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 142–153.
Yessy, F. N. (2023). Pengaruh Fitur Layanan, Keamanan dan Kemudahan Penggunaan E-Wallet Terhadap Transaksi Mahasiswa Menggunakan E-Wallet Aplikasi Dana (Studi Pada Mahasiswa UIN RIL Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam). UIN Raden Intan Lampung.
- Abstract viewed - 8 times
- PDF (IND) downloaded - 2 times
Downloads
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Affiliations
Hayatul Munawaroh
Universitas Muhammadiyah Jambi
Indana Zulfa
Universitas Muhammadiyah Jambi
Yusita Yusita
Universitas Muhammadiyah Jambi
Siti Pariyam
Universitas Muhammadiyah Jambi
How to Cite
PENGARUH PENGGUNAAN E-PAYMENT DAN PENDAPATAN TERHADAP PENGELUARAN KONSUMSI MAHASISWA DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JAMBI
No 1 (2024): Peningkatan Kompetensi Menuju Ekonomi Berkelanjutan di Era Digital
Submitted: Aug 6, 2024
Published: Aug 30, 2024
Abstract
Banyak industri perbankan dan e-commerce di Indonesia telah mulai mengeluarkan platform e-wallet atau dompet digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Penggunaan E-payment dan Pendapatan, Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Jambi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa pada Jurusan Ekonomi Pembangunan, angkatan 2020 di Universitas Muhammadiyah Jambi yang memiliki dan menggunakan layanan e-payment. Dalam penelitian sampel berjumlah 54 responden yang dipilih menggunakan purposive sampling dan diolah menggunakan IBM SPSS 23. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penggunaan E-payment (X1) menunjukkan nilai signifikansi 3,539 > 1,675 atau lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel penggunaan e-payment memiliki pengaruh yang positifdan signifikan terhadap pengeluaran konsumsi pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Jambi. (2) Pendapatan (X2) menunjukkan nilai signifikansi 1,951 > 1,675 atau lebih kecil dari 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel pendapatan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pengeluaran konsumsi pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Jambi.