STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH BERBASIS SYARIAH UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT DI DESA TANGKIT KABUPATEN MUARO JAMBI
Main Article Content
Abstract
Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah mampu memperluas basis ekonomi dan dapat memberikan kontribusi yang sangat penting dalam mempercepat perubahan struktural, yaitu dengan meningkatnya perekonomian daerah dan ketahanan ekonomi nasional maka pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah prioritas dan menjadi sangat penting. Beberapa kendala yang sering dihadapi oleh Usaha Mikro Kecil dan Menengah syariah mirip dengan masalah yang dihadapi pada umumnya, seperti kendala modal kerja dan investasi yang terbatas, kesulitan mendapatkan bahan baku berkualitas dengan harga terjangkau, serta keterbatasan dalam hal teknologi, informasi pasar, dan pemasaran. Tujuan dari peneliti ini adalah untuk mengetahui Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah Berbasis Syariah untuk Peningkatan Perekonomian Masyarakat di Desa Tangkit Kabupaten Muaro Jambi. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 10 orang dan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu peneliti menguraikan dan menjelaskan keadaan dan situasi yang terjadi setelah melakukan observasi dan wawancara. Analisis SWOT digunakan sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi pengembangan UMKM di Desa Tangkit fokus pada pendekatan SO (Strengths-Opportunities), dengan memanfaatkan kekuatan internal seperti lokasi yang strategis dan sumber daya manusia yang berkualitas.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
Al Farisi, S., Iqbal Fasa, M., & Suharto. (2022). Peran Umkm (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(1), 73–84. https://doi.org/10.53429/jdes.v9ino.1.307
Budianto, R. (2015). Pengembangan UMKM antara konseptual dan pengalaman praktis. Gadjah mada university press.
Edi Irawan. (2023). Literature Review: Literasi Digital, Literasi Ekonomi, Dan Inovasi Bisnis Mempengaruhi Manajemen Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah. E-Bisnis Manajemen, 1(4). https://doi.org/10.59603/ebisman.v1i4.226
Hartono, Deny Dwi Hartomo. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perkembangan Umkm Di Surakarta. Jurnal Bisnis & Manajemen, 14(1). https://doi.org/10.20961/jbm.v14i1.2678
Harvick Oslye. (2024). Dampak Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi: Analisis Produk Domestik Bruto Dan Masalah Ekonomi Makro. Jurnal Penelitian Ilmiah Multidisiplin, 8(9). https://sejurnal.com
Ica Camelia & , Listian Indriyani Achmad, MH Ainulyaqin, S Edy. (2024). Analisis Peran Sertifikasi Halal pada Bisnis UMKM Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 10(2). https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie
Idayu, R., Husni, M., & Suhandi, S. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeg. Jurnal Manajemen STIE, 7(1).
Indri Ferdiani Suarna, , Aura Tari Ayu, & , Ahmad Safari. (2025). Analisis Pengaruh Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Umkm (Studi Kasus Pada Pisang Keju Sentosa 88 Di Kota Bandung). Jurnal Integrasi Pengetahuan Disiplin, 6(1). https://ijurnal.com
Karsidi, R. (2007). Pemberdayaan Masyarakat Untuk Usaha Kecil Dan Mikro (Pengalaman Empiris Di Wilayah Surakarta Jawa Tengah). Jurnal Penyuluhan, 3(2).
Khabib Alia Akhmad, Singgih Purnomo. (2021). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta. Sebatik, 25(1). https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1293
Khotim Fadhli, Afif Kholisun Nashoih, Mochammmad Syafiuddin Shobirin, Taufik & Hidayat, Jamal Fahrudin. (2023). Sosialisasi Dan Pendmpingan Pembuatan Nib, Pirt, Dan Sertifikasi Hahal Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Produk UMKM Masyarakat Desa Ngogri Jombang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3). https://ejournal.unwaha.ac.id
Lina Rifda Naufalin. (2020). Tantangan pengembangan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Banyumas. Jurnal Ekonomi, Bisnis, Dan Akuntansi, 22(1). https://core.ac.uk
Mashuri, Dwi Nurjannah. (2020). Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing (Studi Pada PT. Bank Riau Kepri Unit Usaha Syariah Pekanbaru). JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 1(1). https://ejournal.isnjbengkalis.ac.id
Mauli Siagian, Putu Hari Kurniawan, Hikmah. (2019). Analisis Faktor Eksternal dan Internal Terhadap Kinerja UMKM di Kota Batam. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 2(2). https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.107
Melly Eka Ayu Aulia, Maziyah Mazza Basya. (2025). Analisis Inovasi Produk Dan Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Permen Asam Manis Bundang’s. YUME : Journal of Management, 8(1). https://journal.stieamkop.ac.id
Muharam, A. (2015). Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Dan Menengah Republik Indonesia.
Nila, A. M., & Shihab, M. R. (2019). Strategi media sosial untuk pengembangan UMKM. Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2).
Puspita Lianti Putri, Budi Widadi. (2024). Peran Inovasi dalam Pengembangan Model Bisnis UMKM di Era Digital. Maeswara: Jurnal Riset Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(4). https://doi.org/10.61132/maeswara.v2i4.1113
Puspita, N. F., Zuchrillah, D. R., Hamzah, A., & Pudjiastuti, L. (2022). Sosialisasi Pengurusan Nomor Induk Berusaha (NIB) menjadi Dokumen Awal Sertifikasi Halal. Sewagati, 7(2).
Shinta Avriyanti. (2022). Pengaruh Inovasi Produk Dan Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Usaha (Studi Pada UMKM Bidang Kuliner Di Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, 6(1). http://10.35722/pubbis.v6i1.582
Sobar, A., Permadi, I., Alhidayatullah, A., & Fathussyaadah, E. (2023). Peningkatan kualitas produk dan layanan UMKM untuk meningkatkan daya saing. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(4).
Sudarto, A., & et al. (2021). Sosialisasi Pengembangan UMKM Berbasis Syariah Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa. Laporan Pengabdian Masyarakat, 3(1).