ANALISIS SIMPAN PINJAM PEREMPUAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PEDESAAN (SPP-PNPM-MP) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT KECAMATAN PEMAYUNG KABUPATEN BATANG HARI (STUDI KASUS DESA OLAK RAMBAHAN DAN DESA SELAT)

Main Article Content

Agus Santoso

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan pendapatan masyarakat penerima Simpan Pinjam Perempuan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (SPP-PNPM-MP) sebelum dan sesudah adanya PNPM-MP di Desa Olak Rambahan dan Desa Selat Kecamatan Pemayung Kabupaten Batanghari, serta untuk mengetahui permasalahan dan faktor-faktor yang menyebabkan keberhasilan pengembalian pinjaman pada Program SPP- PNPM -MP.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil survey dengan menggunakan metode analisis kuantitatif deskriptif dengan menggunakan uji beda 2 rata-rata untuk mengukur perbedaan tingkat pendapatan masyarakat sebelum dan sesudah penerima SPP-PNPM-MP.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan masyarakat berdasarkan sebelum mendapatkan program SPP-PNPM-MP adalah sebesar 1,94636, sedangkan tingkat pendapatan masyarakat sesudah SPP-PNPM-MP adalah sebesar 3,37006, kemudian desa Selat sebelum mendapatkan program SPP-PNPM-MP adalah sebesar 1,04346, sedangkan tingkat pendapatan masyarakat sesudah SPP-PNPM-MP adalah sebesar 1,70016 Selanjutnya penyebab SPPPN PMMP yang bermasalah disebabkan kurangnya koordinasi antar kelompok serta kurangnya transparansi, kemudian kurangnya itikad untuk membayar bagi anggota kelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
1.
Santoso A. ANALISIS SIMPAN PINJAM PEREMPUAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MANDIRI PEDESAAN (SPP-PNPM-MP) TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT KECAMATAN PEMAYUNG KABUPATEN BATANG HARI. JD [Internet]. 18Dec.2017 [cited 18Oct.2024];5(2):158-77. Available from: https://jurnal.umjambi.ac.id/JD/article/view/55
Section
Articles
Author Biography

Agus Santoso, Dosen Tetap STIE Muhammadiyah Jambi

Dosen Ekonomi Pembangunan STIE Muhammadiyah Jambi