DITERMINAN EKSPORT KOMODITAS PROVINSI JAMBI (Model Rantai Sebab Akibat dengan Pemakaian Intervening Eksport Produk Pertanian)

  • Adi Putra Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Jambi
  • Deka Veronica
Keywords: determinan eksport, komoditas

Abstract

Transaksi perdagangan internasional bermanfaat untuk memperoleh cadangan devisa nasional maupun daerah.  Ekspor adalah pembelian negara lain atas barang buatan perusahaan-perusahaan di dalam negeri, dimana ekspor secara langsung akan mempengaruhi pendapatan nasional, namun hubungan sebaliknya kenaikan pendapatan nasional belum tentu dapat menaikkan nilai eksport. Untuk itu perlu di diterminan pertumbuhan eksport produk pertanian Provinsi Jambi. Adapun metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan data sekunder berupa data time series selanjutnya dilakukan analisis Analisis deskriptif Analisis Korelasi Analisis Regresi  dan Analisis jalur (Path Analisis).

Adapun hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu secara statistic Inflasi, Kurs dan pertumbuhan penduduk tidak terdapat pengaruh signifikan secara parsial terhadap Eksport Produk Pertanian dan terhadap eksport komoditas di Provinsi Jambi. Dari uji model diperoleh bahwa pada model rantai kausal pertama inflasi, kurs dan pertumbuhan penduduk berpengaruh langsung terhadap eksport produk pertanian. Sedangkan pada model rantai kausal kedua inflasi, pertumbuhan penduduk dan eksport produk pertanian berpengaruh langsung terhadap eksport komoditas Provinsi Jambi.selanjutnya dari hasil uji hipotesis pengaruh tidak langsung dengan variabel intervening eksport produk pertanian didapatkan inflasi, kurs dan pertumbuhan penduduk berpengaruh tidak langsung terhadap eksport komoditas Provinsi Jambi.

Kata kunci : Inflasi, Kurs dan pertumbuhan penduduk, eksport

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-01
How to Cite
PutraA., & VeronicaD. (2019). DITERMINAN EKSPORT KOMODITAS PROVINSI JAMBI (Model Rantai Sebab Akibat dengan Pemakaian Intervening Eksport Produk Pertanian). Jurnal Development, 7(2), 86-97. Retrieved from http://jurnal.umjambi.ac.id/index.php/JD/article/view/135